Cara Menambah Opsi Baru Pada Menu Send To di Windows

Kamu pasti sering memindah file dari satu tempat ke tempat lain kan? Semisal memindah ke desktop, email, dokumen, flashdisk, drive cd, dan library. Cara cepat yang sering digunakan untuk pekerjaan tersebut adalah dengan memanfaatkan fungsi menu Send To pada klik kanan dari sebuah folder atau file.

Menu Send To yang terdapat di Windows umunya menampilkan 5 sampai 6 daftar yang bisa kamu gunakan seperti Compressed (Zipped) folder, Desktop (Create Shortcut) , Document, Fax recipient, Mail recipient dan DVD RW Drive. Agar lebih variatif, mungkin tidak ya untuk bisa ditambah? Jika kamu ingin menambah opsi lain pada menu Send To, berikut PG akan memberikan cara singkatnya.

Tentukan sebuah file, tekan tombol SHIFT dengan meng-klik kanan file tersebut. Pilih menu Send To dan akan muncul opsi-opsi lain yang bisa kamu guanakan.

Jika kamu terbantu dengan adanya tambahan pilihan di menu Send To yang diberikan, sekarang kamu bisa untuk membuat opsi tersebut secara permanen. Tujuannya agar lebih mempermudah pengolahan data atau pekerjaan kamu memindahkan file. Misalnya kamu ingin mengirim file ke Dropbox, pasti sebelumnya yang kamu lakukan adalah dengan cara meng-copy file tersebut dan mem-pastenya ke dalam folder Dropbox. Meskipun mudah, namun kamu bisa lebih mempermudah pekerjaan tersebut. Yap..Dengan menambahkan Dropbox ke menu Send To.

Buka lokasi dimana item-item Send To disimpan dengan membuka Windows Explorer dan ketikkan shell:sendto di location bar.

Setelah itu akan muncul item-item standart yang ada dalam menu Send To.

Drag dan Drop folder Dropbox menuju direktori folder Send To. Atau juga bisa kamu menambahkan folder-folder lainnya yang sering kamu akses.

Untuk menggetahui hasilnya, kamu bisa mencobanya dengan klik kanan dari sebuah file tersebut dan pilih menu Send To, jika muncul opsi yang sudah kamu tambahkan secara permanen tadi. Berarti kamu telah berhasil membuat opsi tambahan pada menu Send To.

Bagaimana, mudah bukan? Meskipun menu Send To bisa dibilang hal yang biasa, namun jika kamu mampu memaksimalkan penggunaannya, pastinya akan lebih terbantu untuk mengolah data  atau memindah sebuah file ke folder lain tanpa harus copy paste terlebih dahulu. Semoga bermanfaat ya😀
Sumber : pusatgratis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s