5 Cara Mudah Untuk Mempercepat Windows 8

Tahukah kamu kalau Windows 8 bootingnya lebih cepat dari Windows 7? Selain itu penggunaan memory juga lebih sedikit dari versi Windows sebelumnya. Tampilannya juga lebih tajam dan lebih baik. Sama seperti semua versi Windows sebelumnya, Windows 8 dapat kamu setting dan tweak dengan mudah dan cepat.

Kali ini kita akan membahas cara untuk mempercepat Windows 8 dengan setting dan tweak. Kalau kamu menggunakan Windows 8 dan tidak dapat menikmatinya karena lemot. Mungkin dengan membaca artikel ini akan sedikit membantu kamu.

Matikan Animasi Windows

Dengan mematikan animasi Windows kamu dapat menghemat memory dan juga mempercepatnya. Walaupun tak signifikan namun ini akan sedikit membantu kamu. Sedikit saran, hilangkan tanda centang pada Performance Options seperti pada gambar di bawah ini.

Atur Program Startup

Saat kamu menyalakan komputer tentu akan ada program yang berjalan secara langsung, biasanya program ini Avast, Driver, Dropbox dan masih banyak lagi. Ini adalah program startup yang bisa kamu atur, jadi kamu bisa mengaktifkannya atau mematikannya ketika komputer menyala. Nah dengan mengatur ini kamu dapat mempercepat Windows 8. Kamu dapat mengaturnya di Task Manager dan mengklik Disable.

Kalau kamu tidak ingin ini terjadi setiap startup, kamu bisa mengaturnya di MSConfig.

Optimalkan Hardisk

Di Windows 8 ada aplikasi standart Disk Defragmenter yang dapat membantu kamu untuk mengoptimalkan hardisk. Aplikasi ini bernama Optimize Drives, ya sama dengan versi windows sebelumnya yang juga mempunyai Disk Defragmenter. Untuk dapat mengaksesnya kamu hanya perlu ke Start Screen dan ketikkan Defragment, kemudian pilih kategori Setting di Charm Bar. Kalau kamu sudah menemukannya tinggal klik, maka kamu akan di bawa ke Desktop beserta dengan window Optimize Drives. Untuk memulai defrag kamu hanya tinggal pilih disk dan klik Analyze.

Kontrol Index Windows

Tahukah kamu ketika kamu sedang mencari sesuatu di Windows 8 entah di Start Screen atau di File Explorer Windows dapat menemukannya dengan cepat? Ini karena Windows sudah mengindex secara otomatis dan membuat kamu tidak menunggu lama saat mencari. Intinya index yang dilakukan oleh Windows dapat mempercepat proses pencarian. Kegiatan Index ini memerlukan proses CPU yang besar apalagi jika kamu terus menggunakan pencarian.

Kalau kamu lebih sering mencari di Start Screen daripada di Windows Explorer, kamu bisa mematikan Index di Windows Explorernya. Jadi ketika kamu mencari file di Windows Explorer, kamu tidak akan mendapatkan apa-apa.

Berikut caranya:

Untuk mematikan Windows Search, tekan Start dan ketikkan services.msc lalu tekan Enter. Kemudian cari Windows Search klik kanan dan pilih Properties.

Atur Startup type menjadi Disabled, kemudian klik Stop untuk menghentikan service. Terakhir klik OK.

Task Manager

Windows 8 memiliki tampilan baru untuk Task Manager, kamu dapat melihat program yang menggunakan memory terlalu banyak akan bewarna gelap. Sedangkan untuk program yang menggunakan memory kecil akan bewarna terang. Ini akan mempermudah kamu dalam mencari dan mematikan aplikasi yang membuat komputer kamu lemot.

Nah itulah beberapa tips dan trik untuk mempercepat Windows 8 yang kamu gunakan, jika kamu tidak menggunakan Windows 8 tetapi memakai Windows XP. Ada juga cara untuk mempercepat Windows XP yang telah diulas sebelumnya di artikel 6 Cara Mempercepat Kinerja PC atau Laptop Windows XP.
Sumber : pusatgratis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s