Tips “Kembali ke Laptop” ala Tukul Arwana untuk Penulis

Apakah kamu seorang penulis? Atau mungkin orang yang banyak terlibat dengan tugas penulisan, seorang pelajar mungkin? Terkadang menulis tidak menjadi sebuah pekerjaan yang mudah. Banyak hal bisa menyebabkan kita hilang mood, bosan, stuck, tak tahu apa yang harus dilakukan, sehingga malah kita melarikan diri dari depan layar monitor!

Tapi.. Apakah itu solusinya? Apakah tugas tidak jadi menumpuk nantinya? Dan (jelas tidak mungkin) apakah tugas kita akan selesai secara otomatis?

Tentu tidak!

Oleh karena itu, meskipun berat, terjal, dan penuh onak duri… Kita harus melangkah kembali ke jalan yang benar dan akhirnya kembali ke depan layar monitor PC yang kita gunakan untuk menulis… Kembali ke Laaaaptoooop!!!….

Untuk kamu, wahai para pejuang kata-kata… Yang setiap hari dengan seluruh daya upaya berupaya mengubah kata menjadi makna (dan makna menjadi rupiah tentunya)… kami memberikan tips-tips agar kamu bisa mengatasi segala hambatan menulis, nyaman dengan kegiatan menulis, dan akhirnya selalu ingin kembali ke depan laptop atau PC yang kamu gunakan untuk menulis!

Simak tips-tips berikut!

Jadikan dirimu nyaman dalam menulis

Dalam menulis, berlaku peribahasa “posisi menentukan prestasi”. Hohoho… Gimana kamu mau menghasilkan tulisan yang berkualitas bila kamu duduk di depan kursi yang keras, keyboard yang kaku, monitor super mungil sehingga kamu tidak bisa melihat ketikanmu sendiri?

Jatuhnya kamu malah mudah capek, cepat pusing, rematik, linu punggung, dan keram tangan. Gimana mau nulis?

Ahahah… Pertama-tama, kamu perlu mengetahui posisi duduk yang benar ketika menggunakan komputer.

Begini tipsnya :

1. Pastikan mata berada pada posisi atas dari monitor. Monitor harus berada tepat lurus di depan kamu. Jarak dari mata ke monitor setidaknya berjarak 1 lengan anda.

2. Posisi keyboard sebaiknya berada lurus dengan lengan kamu. Ketika lengan kamu diletakkan di meja keyboard, lengan dan siku haris membentuk sudut 90 derajat.

3. Kaki kamu harus membentuk sudut 90 derajat dengan lutut dengan posisi menapak sempurna.

4. Saat mengetik, usahakan pergelangan tangan kamu lurus dengan telapak tangan.. tidak terlalu keatas dan tidak juga terlalu ke bawah.

Kegiatan menulis terkadang bisa melelahkan dan berakibat kurang baik bagi kesehatan bila berlebihan. Jadi, apabila kamu adalah orang yang banyak bekerja di depan komputer, kamu perlu memperhatikan 8 tips sehat bekerja di depan komputer.

Hentikan menunda-nunda dan menulislah!

Kehabisan ide? Stuck? Itu memang musuh utama penulis! Tapi menunda-nunda bukanlah pemecahan masalah.

Sulit mengharapkan tugas selesai bila kamu tunda hingga di menit terakhir. Oleh karena itu kamu harus ‘memaksa’ dirimu untuk ‘kembali ke laptop’! Kembali ke depan PC dan kerjakan tugas menulismu ituuuh!!!…

Untuk mengatasi hambatan menulis atau yang populer dengan istilah writer’s block, kamu bisa melakukan pemanasan dengan cara bermain kata, atau populer dengan sebutan Prompt. Caranya, kamu memilih sebuah kata acak dari kamus atau beberapa kata, lalu kembangkan kata-kata tersebut menjadi paragraf atau bahkan cerita pendek. Trik ini cukup manjur untuk ‘memanaskan’ dan ‘melemaskan’ otak sehingga nantinya kamu akan ‘terpancing’ untuk menulis lebih banyak.

Kamu juga bisa memanfaatkan berbagai aplikasi yang dirancang untuk menghentikan kebiasaan ajaib manusia ini: menunda-nunda – yang populer dengan istilah procrastination – dengan memanfaatkan aplikasi manajemen tugas seperti Pomodoro dan Pomodairo yang menggunakan metode teknik Pomodoro atau bisa juga menggunakan TimeGT dan PlanCake yang menggunakan metode dari David Allen, Getting Things Done!

Pastikan Desktop Kamu Bebas Gangguan

Kamu bisa mencoba aplikasi ZenWriter. Aplikasi ini menyediakan area menulis yang bebas gangguan, dilengkapi dengan latar belakang yang menyejukkan serta font yang menenangkan. Bahkan kamu akan mendapatkan musik bergaya new age yang sifatnya meditatif, serta efek suara mesin ketik, kesemuanya itu bisa dikustomisasi kok.

Kamu bisa mendapatkan ZenWriter di:
http://www.beenokle.com/zenwriter.html

Dengan ZenWriter ini, kamu bisa meniadakan gangguan yang sering muncul di desktop kamu seperti misalnya notifikasi email, FB, Twitter, hasrat browsing, dan sebagainya. Masuklah ke alam ketenangan dan… Menulislah!…

Catat Tiap Kali Kamu Mendapat Ide Baru untuk Menulis

Ide bisa muncul dimana saja! Kamu harus aktif menangkapnya! Caranya? Tentu saja dengan cara mencatat tiap kali ide tersebut muncul. Bila kamu tidak sedang berada di rumah, maka kamu bisa memanfaatkan aplikasi seperti Evernote atau Notee. Kedua aplikasi ini bisa digunakan di PC maupun smartphone, serta memiliki kemampuan sinkronisasi, sehingga kamu bisa melakukan pencatatan kapan saja dan dimana saja tiap kali ide tersebut muncul. Evernote juga bisa dimanfaatkan dengan berbagai cara untuk menunjang aktivitas menulis kamu.

Tapi, Kadang kita memang kita tidak bisa dipaksa untuk harus menulis. Ketika kamu benar-benar penat dan tidak ingin mendekati layar PC kamu, maka ada baiknya kamu merekam suaramu sendiri tiap kali kamu mendapatkan ide baru. Dengan demikian, kamu tidak akan kehilangan momen ketika ide kamu muncul. Kamu bisa menyimpannya dalam bentuk rekaman untuk kemudian didengarkan lagi bila kamu sudah mood untuk menulis. Jangan lupa memperhatikan 5 tips merekam dengan smartphone yang pernah diulas sebelumnya!

Dengarkan dan Tontonlah Inspirasi Kreatif

Menulis adalah pekerjaan kreatif, jadi kamu perlu banyak mencari inspirasi kreatif yang akan membuatmu menghilangkan kebiasaan menunda-nunda dan langsung bekerja. Terlebih lagi, bila dari inspirasi kreatif tersebut, kamu mendapatkan ide tentang apa yang perlu kamu tuliskan.

Kamu bisa mencoba menonton 7 video paling inspiratif atau mengunjungi TED, portal video inspirasi dan teknologi yang pasti akan banyak memberikan kamu pengetahuan, wawasan, dan teknologi terbaru. Bila kamu menyukai portal ini, kamu bisa menggunakan TED Downloader atau TEDinator.

Kalau kamu masih galau dan kering inspirasi, mungkin kamu bisa mengunjungi MindBloom, layanan online dimana kamu akan diberikan sebuah biji untuk ditanam. Tahap-tahap membesarkan biji menjadi pohon tersebut akan melibatkan penelusuran minat serta melakukan tindakan-tindakan yang penting untuk kehidupan kamu sendiri.

MindBloom juga memberikan pengaturan tujuan, tindakan dalam bentuk to do list, ditambah motivasi untuk menyemangati. Hal ini ditata dalam sebuah mind-mapping yang brilian sehingga kamu dengan mudah mengingat dan menentukan apa yang perlu kamu lakukan dalam hidup untuk berkembang lebih baik! Hebatnya, semua itu disampaikan dalam sebuah permainan sederhana dengan menanam pohon.

Buatlah Backup yang Tersinkronisasi!

Kadang kita tidak bisa memilih tempat dimana kita harus menulis. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk menyimpan data-data tulisan kamu di Cloud Storage yang memungkinkan kamu menulis dimana saja!

Apalagi dengan adanya Cloud Storage ini, kamu bisa mensinkronisasikan data-data kamu sehingga kapanpun, dan dimanapun kamu menulis, kamu bisa terus mengembangkan proyek tulisan kamu tersebut.

Untuk memanfaatkan Dropbox, cloud storage populer yang banyak digunakan, mendukung proyek menulis kamu, bacalah 5 tips menggunakan Dropbox untuk mengerjakan proyek penulisan.

Dengan memanfaatkan tips-tips di atas, untuk kamu-kamu yang bekerja sebagai penulis atau memiliki mata pencaharian penulis, bisa mengoptimalkan bakat dan potensi kamu tersebut, sekaligus mengoptimalkan kinerja dengan memanfaatkan berbagai perangkat teknologi yang ada. Dimanapun kamu berada, di rumah pacar, di pantai selatan (bareng Nyai), di Game Center sedang bermain DOTA, di Bioskop nonton film pocong-pocongan ala Baginda KKD… Marilah kita sama-sama berseru “Kembali ke laaaaaptooooop!!! (untuk menulis)”
Sumber : pusatgratis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s