Cara Mempercepat Transfer Data USB di Windows 7

Microsoft telah memperkenalkan fitur baru yang memungkinkan para penggunanya untuk memperbarui, mengupdate atau merubah ukuran maksimum dari transfer data perangkat penyimpanan USB pada Windows 7.

Apa sih manfaat dari memperbaharui ukuran maksimum dari transfer data untuk media USB ini? Dengan merubah dan mengupdate fitur ini tentu saja secara langsung akan merubah pula kecepatan transfer data dari perangkat USB milikmu, baik melalui maupun dari USB tersebut.

Berikut ini uraian mengenai bagaiman cara memperbaharui aturan tersebut untuk meningkatkan kecepata transfer data perangkat USB milikmu.

1. Pertama-tama silahkan kamu menuju ke laman berikut ini, isikan email milikmu yang valid untuk menerima download link yang nantinya akan di kirimkan ke email, jangan lupa pula untuk mencentang pilihan “Windows 7/Windows Server 2008 R2 SP1”.

http://support.microsoft.com/hotfix/KBHotfix.aspx?kbnum=2581464&kbln=en-us

2. Silahkan kamu buka email dan temukan email kiriman dari hotfix@microsoft.com, silahkan langsung saja kamu klik download link yang ada di bagian bawah email tersebut.

3. Setelah selesai mengunduh updatenya yang berukuran sekitar 358KB, langsung saja kamu double klik untuk mengekstrak program tersebut.

4. Setelah berhasil di ekstrak, kamu akan mendapatkan kembali sebuah file .exe berukuran 232KB, langsung saja kamu double klik kembali file tersebut untuk menginstall update tersebut dan tunggu prosesnya hingga selesai.

5. Masih di desktop, buka program regedit (registry editor) dengan menggunakan tombol Start (windows) dan ketikan regedit pada kolom search.

6. Setelah regedit berhasil kamu buka, silahkan kamu cari subkey registry berikut. “perhatikan baik-baik ya”.

HKEY_LOCAL_MACHINES\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\usbstor54C001

7. Setelah kamu berada pada path atau kolom seperti yang di atas tadi, langsung saja kamu buat Key baru dengan mengklik menu Edit > New >  DWORD (32-bit) Value. Dan beri nama file tersebut dengan nama “MaximumTransferLength” dan tekan Enter.

8. Setelah berhasil kamu buat Key baru dengan nama MaximumTransferLength, silahkan langsung kamu klik kanan Key MaximumTransferLength tersebut dan pilih “Modify”.

9. Setelah kamu klik “Modify”, kamu akan mendapatkan tampilan seperti bawah ini, silahkan kamu isikan nilai untuk menentukan ukuran maksimum transfer antara 64KB [65535] dan 2MB [2097120]. Misalnya, kamu sudah terlebih dahulu memilih Decimal dan masukkan nilai maksimun 2097120, dan klik OK.

Close registry editor milikmu dan restart komputer agar perubahan yang telah kamu buat di atas tadi bisa di terapkan dengan sempurna di komputer.

Setelah kamu berhasil menginstal update ini, kamu dapat meningkatkan ukuran transfer maksimum yang semula berukuran default 64 kilobyte (KB) hingga menjadi 2 megabyte (MB) dalam driver Usbstor.sys yang telah kamu buat Key baru dengan nama “MaximumTransferLength” tadi.

Dengan transfer rate atau rata-rata transfer data yang tinggi, tentu saja ini akan semakin mempermudah ketika kamu ingin memindahkan data dari atau ke USB drive. Bagi kamu yang masih bingung dan mengalami kesulitan, silahkan diskusikan dengan meninggalkan komentar pada kotak komentar di bawah ini.
Sumber : pusatgratis

One thought on “Cara Mempercepat Transfer Data USB di Windows 7

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s