Tutorial Mengolah Rainmeter pada Desktop

Rainmeter adalah sebuah software yang berjalan secara background dan berfungsi sebagai widget yang dengan mudah skinnya bisa diganti sesuai dengan tema yang ingin kamu terapkan pada desktop kamu. Data skin Rainmeter bisa diolah dengan sangat mudah! Sebelumnya pernah dibahas tentang bagaimana mempercantik desktop dengan kolaborasi skin dan rainmeter. Nah, kali ini kita akan membahas tutorial terperinci untuk menginstall dan mengolah Rainmeter di desktop kamu sehingga kamu bisa menjadikan desktop kamu jauh lebih keren dan asyik dengan memanfaatkan rainmeter dan aneka macam skin yang menyertainya. Oh ya. Rainmeter ini juga bisa diterapkan mulai dari Windows XP hingga Windows 8 loh. Jadi pengguna Windows apa saja bisa ikut bersuka ria!

Seperti yang diungkap pada artikel sebelumnya, terlebih dahulu kamu harus mendownload Rainmeter

Kemudian untuk skin Rainmeter, kamu bisa mendapatkannya dari:

Custom Skin Rainmeter di DevianArt
http://browse.deviantart.com/customization/skins/sysmonitor/rainmeter/

atau

Custom Skin di Customize.org
http://www.customize.org/rainmeter/skins

Nah, setelah itu baru kita olah Rainmeter di Desktop kita. Install Rainmeter. Kamu akan diminta memilih antara instalasi standar atau portabel. Pilih standar bila memang kamu ingin menghias desktop kamu seterusnya.

Setelah prosedur instalasi, maka kamu akan mendapatkan tampilan default Rainmeter seperti di bawah ini. Rainmeter secara default menampilkan jam, hari dan tanggal, subscribe, News Feeds, Recycle Bin, Kecepatan Internet dan Jaringan, serta mesin pencari Google (Google Search)

Setelah mendapatkan aneka macam skin yang bisa didownload dari sumber-sumber yang disebutkan di atas, maka kamu bisa dengan mudah mengganti skin yang kamu inginkan. Klik ikon Rainmeter di system tray, lalu klik Manage.

Setelah memilih skin yang diinginkan, kamu tinggal klik Load skin.

Biasanya skin yang kamu load akan bertumpuk dengan default skin Rainmeter. Untuk mengatasi hal ini, kamu tinggal klik kanan di masing-masing elemen pada Rainmeter default lalu klik Unload Skin. Maka satu persatu elemen Rainmeter itu akan hilang. Bila ada elemen yang kamu sukai, misalnya subscribe atau news feed, maka kamu bisa mengatur posisinya agar nampak terintegrasi dengan skin baru rainmeter kamu.

Beberapa skin memiliki keistimewaan, seperti menampilkan ramalan cuaca, menampilkan judul lagu yang diputar dengan program Winamp, serta memiliki kontrol Winamp yang terintegrasi dalam Rainmeter. Artinya, dengan membuka Winamp, kamu kemudian bisa menggunakan Rainmeter untuk menekan tombol Play atau bahkan mengganti lagu. Cukup Unik, apalagi Rainmeter tersebut juga memberikan berbagai laporan mengenai memori yang terpakai, resource yang digunakan, sisa hard drive, dan sebagainya.

Rainmeter, selain sebagai widget yang bermanfaat untuk mengetahui berbagai elemen komputer kamu, juga sebagai penunjuk waktu dan cuaca, bisa dijadikan elemen penghias desktop yang cantik. Kamu juga bisa menampilkan kepribadian kamu dengan menggunakan skin Rainmeter yang tepat. Apalagi Rainmeter sangat kompatibel dengan Windows XP hingga Windows 8!

Gunakan Rainmeter untuk menghindari kebosanan dalam penggunaan desktop kamu!
Sumber : pusatgratis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s