Cara Mudah Membuat Flash Disk Kebal Terhadap Virus

Hampir semua pengguna komputer saat ini memiliki yang namanya flash disk, yup benda mungil yang satu ini bisa menjadi alternatif media penyimpanan yang efisien dan tentunya juga terjangkau oleh semua kalangan.

Seiring dengan majunya perkembangan teknologi tentu saja di iringi pula dengan ancaman-ancaman seperti virus, spyware maupun malware. Dan bukan rahasia lagi bahwa virus pada umumnya bukan hanya menyerang komputer (hard disk) namun juga bisa menjangkiti perangkat keras lain yang pernah terhubung seperti flash disk.

Dan untuk menanggulangi hal tersebut solusinya adalah dengan menggunakan tools yang kecil-kecil cabe rawit kali ini, nantinya flash disk kamu hanya bisa di baca dan di copy saja, dan kamu tidak bisa menambahkan file ataupun menghapusnya, dan dengan begini, apabila kamu memiliki data-data super duper penting di dalamnya, hal ini bisa mencegah flash disk kamu dari virus jahat.

USB Write Protect, itulah nama tools yang akan PG gunakan kali ini, terdapat tiga fitur dalam tools ini yaitu, USB Device Write Protection, USB Device Lock dan USB Device Autorun. Namun kali ini kita hanya akan membahas fitur USB Device Write Protection.

Selain di distibusikan secara Gratis, tools ini juga bersifat Portabel dan berukuran sangat kecil, yaitu hanya 65KB saja. Silahkan mengunduh USB Write Protect melalui tautan yang ada di bawah ini.
http://www.softpedia.com/progScreenshots/USB-Write-Protect-Screenshot-163146.html

Langkah-langkah menggunakan USB Write Protect :

1. Setelah selesai mengunduh, silahkan kamu pindahkan USB Write Protect ke dalam flash disk yang akan kamu protect.

2. Setelah kamu pindahkan, langsung saja kamu dobel klik untuk menjalankan USB Write Protect

3. Silahkan kamu klik tombol “Enable” di sebelah kanan pada menu “USB Device Write Protection”

4. Keluarkan flashdisk dari colokan komputer

5. Setelah itu silahkan kamu colokkan kembali flashdisk untuk mencobanya, apakah flash disk kamu sudah terproteksi atau belum. Kamu bisa mencobanya dengan mencoba menambahkan file apa saja, apabila tidak bisa artinya flash disk kamu sudah sukses terproteksi.

Dan untuk menghapus proteksi, atau mengembalikan flash disk kamu ke pengaturan semula, kamu tinggal membuka kembali program USB Write Protect yang ada di dalam flash disk kamu tadi dan klik tombol “Disable” disebelah kanan pada menu “USB Device Write Protection”, copot flash disk dan silahkan kamu coba dengan kembali menghubungkan flash disk kamu ke komputer. Apabila kamu sudah bisa memasukan file ke dalam flash disk milikmu, itu artinya proteksi yang kamu buat di atas tadi sudah tidak berfungsi. Mudah bukan?

Walaupun tidak menjamin 100% aman dari gangguan virus, namun setidaknya tools ini sangat membantu untuk memblokir masuknya virus ke flash disk, yaitu dengan merubah system proteksi dari flash disk milikmu. Semoga bermanfaat.😀
Sumber : pusatgratis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s