3 Cara Menyimpan Artikel Menarik dan Membacanya di Lain Waktu

Seringkali ketika browsing kita menemukan banyak artikel yang menarik sampai-sampai tidak cukup waktu bagi kita untuk membaca semuanya. Solusinya adalah menyimpan artikel tersebut di suatu tempat untuk dibaca kemudian. Untuk melakukan hal ini, kamu bisa menggunakan salah satu dari 3 aplikasi web favorit berikut ini:

Pocket

Dulu Pocket dikenal sebagai Read It Later. Aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk menyimpan berbagai artikel menarik yang kamu temukan.

Kunjungi Pocket disini:
http://getpocket.com/

Setelah kamu mendaftar, kamu bisa mendownload berbagai aplikasinya. Pocket memiliki aplikasi untuk Mac OS, iPhone/iPad, Android, Kindle Fire, serta dalam bentuk add-on Firefox. Aplikasi ini bisa memudahkan kamu untuk menyimpan dan membaca artikel pilihan kamu.

Misalnya saja kamu menemukan artikel yang menarik, tetapi tidak sempat untuk membacanya. Langsung saja klik icon Pocket yang ada di browser Firefox.

Daftar artikel yang kamu pilih akan tampil di menu Pocket. Jika sudah kamu baca, klik saja Mark as Read. Kalau daftar artikel kamu banyak, kamu bisa mencarinya melalui fitur pencarian yang sudah disediakan.

Artikel yang kamu pilih juga akan langsung tersinkronisasi ke akun Pocket dan ke semua device kamu. Jadi kamu bisa menyimpannya dari smartphone/tablet dan membacanya di PC ataupun sebaliknya.

Salah satu kekurangan Pocket adalah tidak adanya fitur pengaturan folder untuk artikel yang kita pilih. Sehingga semua artikel akan terkumpul menjadi satu di dalam Pocket kita. Namun kita bisa memanfaatkan fitur tag untuk mengumpulkan artikel pilihan kita.

Instapaper

Dari segi tampilan, instapaper terlihat cukup sederhana.

Kunjungi Instapaper disini:
http://www.instapaper.com/

Untuk menggunakannya, kamu harus drag bookmarklet Instapaper ke bookmark toolbar browser. Setelah itu ketika kamu menemukan halaman website yang menarik, klik saja bookmarklet tersebut.

Artikel yang kamu pilih akan tersimpan ke instapaper dan bisa kamu baca di kemudian waktu.

Di instapaper kamu bisa membuat folder untuk mengelompokkan artikel, tetapi tidak dilengkapi dengan fitur pencarian.

Salah satu kelemahan instapaper lainnya adalah aplikasinya yang berbayar, baik untuk Android, iPhone, maupun iPad.

Readability

Kamu juga bisa memanfaatkan Readability untuk menyimpan artikel-artikel menarik.

Kujungi Readability disini:
http://www.readability.com/

Setelah terdaftar, kamu bisa menginstall add-on Readability di Firefox. Kamu juga bisa menginstall aplikasi Android maupun iOS secara gratis.

Ketika kamu menemukan halaman yang menarik, klik saja Read Later dan halaman tersebut akan langsung tersimpan di akun Readability kamu.

Salah satu kelemahan Readability adalah format artikel yang ditampilkan terkadang kacau. Jadi sebaiknya kamu mengunjungi halaman asli website yang kamu simpan daripada membacanya dari dalam Readability.

Dari ketiga aplikasi tersebut, saya memilih Pocket. Pertama, karena dukungan aplikasinya lengkap dan gratis. Semua artikel yang kita simpan akan tersinkronisasi ke iPad, iPhone, atau Android kita. Kedua, karena fiturnya termasuk paling lengkap dari semuanya. Dukungan add-on, fitur tagging, serta pencarian membuat Pocket menjadi pilihan utama.

Sekarang kamu tidak perlu lagi bingung ketika menemukan banyak artikel menarik tapi tidak cukup waktu untuk membacanya. Simpan saja artikel-artikel menarik tersebut di ketiga aplikasi diatas dan kamu bisa membacanya di lain waktu.
Sumber : pusatgratis

One thought on “3 Cara Menyimpan Artikel Menarik dan Membacanya di Lain Waktu

  1. Ping-balik: Daily Lit | OBAR46 / All About Computers,Gadget & Other

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s