Beberapa Hal yang Sebaiknya Dilakukan Jika Komputer Kamu Terkena Virus

Terkadang kita merasa ada yang aneh dengan komputer kita. Entah menjadi lemot secara tiba-tiba, bertingkah aneh pasca menginstall software tertentu, atau bahkan memang secara terang-terangan ada alert bahwa komputer kita terserang virus. Sayangnya banyak pengguna komputer yang masih bingung harus melakukan apa jika komputernya terkena virus. Hmmm..apakah kamu termasuk salah satu diantaranya?

Berikut ini tips tentang beberapa hal yang harus dilakukan jika komputer kamu terkena virus:

Jika Antivirus Berhasil Mendeteksi Virus

Jika antivirus kamu berhasil mendeteksi virus tersebut, misalnya saja ada alert bahwa komputer kamu terserang virus, maka hal itu sangatlah bagus. Itu berarti kamu bisa membasmi atau menghilangkan virus tersebut dengan antivirus tersebut. Bahkan seringkali antivirus kamu akan menghapus virus tersebut secara otomatis.

Perlu kamu ketahui bahwa adanya peringatan “virus detected” bukan berarti virus tersebut sudah aktif di komputer kamu. Bisa saja si antivirus hanya menemukan virus di file yang baru kamu download, atau website yang sedang kamu kunjungi. Jika kamu baru saja mendownload file yang terdeteksi mengandung virus, jangan menginstallnya di komputer.

Untuk memastikan bahwa virus atau file yang mengandung virus tersebut sudah terhapus, silahkan cek history dari antivirus kamu. Jika sudah terhapus otomatis, kamu tidak perlu khawatir lagi.

Pastikan antivirus kamu selalu up-to-date agar bisa menjaga komputer kamu dengan kuat dan ketat.

Jika Kamu tidak Menginstall Antivirus

Kalau kamu merasa ada yang aneh dengan komputer kamu, mungkin terasa lemot tiba-tiba, atau bertingkah aneh pasca menginstall software tertentu, mungkin itu disebabkan oleh virus.

Jika kebetulan di komputer kamu belum terinstall antivirus, segeralah menginstallnya. Kamu bisa mengisntall Microsoft Security Essentials dan Malwarebytes untuk penanganan pertama.

Disarankan kamu menginstall antivirus dan tidak lagi membiarkan pintu komputer kamu terbuka lebar bagi berbagai antivirus jahat di luar sana.

Kamu bisa membaca daftar antivirus terbaik 2012 sebagai referensi saat memilih antivirus.

Jika Antivirus Kamu tidak Mengenali Virus

Jika di komputer kamu sudah terinstall antivirus, tetapi tidak ada alert apapun. Maka ada 2 kemungkinan: pertama – mungkin memang komputer kamu tidak terserang virus; kedua – mungkin komputer kamu sedang terserang virus, tetapi antivirus kamu tidak berhasil mengenalinya.

Biasanya hal ini terjadi jika antivirus kamu kurang up-to-date. Oleh karena itu, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah melakukan update virus definitions antivirus yang kamu gunakan. Setelah itu langsung scan ulang komputer kamu.

Jika masih belum berhasil juga, kamu bisa memanfaatkan tenaga tambahan dari Malwarebytes dan online scanner seperti ESET Online Scanner. Jika menurut kamu antivirus kamu saat ini kurang ampuh dalam mendeteksi virus, kamu bisa menggantinya dengan salah satu dari daftar antivirus terbaik ini.

Jika Hal Diatas tidak Mampu Membasmi Virus

Tidak sedikit virus yang benar-benar bandel dan sulit dibasmi. Terkadang menghapusnya dengan berbagai cara tidak berhasil. Jika memang melakukan berbagai cara diatas tidak mampu membasmi virus tersebut, cobalah membasmi virus melalui safe mode.

Untuk masuk di safe mode, restart komputer kamu dan tekan F8 pada saat booting. Di safe mode tersebut, Windows tidak akan menjalankan aplikasi dari pihak ketiga..termasuk juga virus. Kamu bisa menghapusnya secara manual atau menggunakan antivirus kamu (jika bisa dijalankan)

Jika antivirus kamu tidak bisa dijalankan di safe mode, kamu bisa menggunakan rescue disk berbagai antivirus yang bisa kamu dapatkan gratis. Rescue disk ini harus kamu download, burn, dan di boot setelah kamu merestart PC.

Jika Semua itu Tidak Membuahkan Hasil

Ini adalah pilihan terakhir. Jika memang semua cara diatas belum mampu juga untuk membasmi virus yang menyerang komputer kamu, maka install ulang adalah solusi terakhirnya. Format hardisk kamu dan install lagi sistem operasinya. Komputer kamu akan kembali fresh seperti baru. Hanya saja proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama, karena kamu juga harus menginstall lagi software favorit kamu satu per satu.

Punya cara lain untuk membasmi virus membandel? Bagikan di kolom komentar berikut ini.
Sumber : pusatgratis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s