Tips Menyembunyikan Informasi Pribadi di Facebook

Tidak semua orang ingin mengungkapkan dirinya di jejaring sosial. Ada yang lebih suka berinteraksi hanya dengan teman-teman dekat serta komunitasnya sendiri. Itu adalah pilihan. Dan bila kamu termasuk tipe pengguna jejaring sosial yang seperti itu, maka kamu tidak akan merasa nyaman apabila identitas pribadimu diumbar kemana-mana. Oleh karena itu, Berikut ini adalah tips untuk menyembunyikan informasi pribadi kamu di Facebook agar nantinya hanya bisa diakses oleh orang-orang yang kamu percaya saja, yaitu teman dan komunitasmu saja.

Sebelum menyembunyikan informasi yang tampak oleh publik yang mungkin berkunjung ke halaman Facebook kamu, maka terlebih dahulu kamu perlu tahu, seperti apa sih tampilan halaman Facebook kamu di mata publik?… Caranya, langsung saja klik ke profil Facebook kamu. Di halaman Timeline kamu (yang keluar dengan cara meng-klik nama profil), kamu akan menemukan tombol Activity Log. Klik tombol tersebut dan pilih View As

Setelah mengklik tombol View As, maka Facebook akan menampilkan halaman profil kamu sebagaimana yang terlihat oleh orang luar yang bukan teman kamu.

Dengan meninjau tampilan profil kamu, maka kamu bisa mengambil keputusan tentang apa saja yang ingin kamu tampilkan ke publik dan apa yang tidak. Caranya mudah. Cukup klik pada “About” yang terletak di halaman profil Timeline kamu. Maka kamu akan mendapatkan halaman editor untuk keseluruhan profil kamu.

Dengan menekan tombol kecil di sudut kanan masing-masing sesi profil, maka kamu akan mendapatkan pengaturan mengenai siapa saja yang boleh melihat halaman profil tersebut. Dengan demikian, kamu dapat memilih informasi apa yang ingin kamu tampilkan ke publik.

Untuk pengaturan lebih lanjut, kamu bisa menuju ke “Privacy Setting” dengan mengklik tombol di sudut kanan atas, kemudian mengatur siapa saja yang boleh melihat komentar-komentar kamu di Facebook. Bila kamu set hanya teman, maka orang luar yang bukan teman kamu nantinya tidak akan bisa melihat komentar kamu di Facebook.

Dengan tips di atas, kamu bisa memilih apa yang ingin kamu tampilkan ke publik terkait dengan identitas pribadi kamu. Karena tidak semua orang ingin mengungkapkan identitasnya secara luas.

Sebagai bantuan untuk mengontrol privasi kamu di Facebook, mungkin kamu juga bisa menggunakan add-on Social Fixer yang juga memiliki fitur untuk mengatur privasi di Facebook.
Sumber : pusatgratis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s