Cara Mempercepat Download Game dan Koneksi di Steam

Kamu pecinta game dari Steam? Mempunyai banyak koleksi Gaem Steam? Mungkin karena banyak game gratis yang keren dari Steam, para gamers mulai berdatangan dan memenuhi server dari masing-masing game gratis sehingga game menjadi lemot sampai-sampai lag.

Jika kamu pernah mengalami hal yang serupa, kamu bisa mengikuti tips yang satu ini jika kamu tidak melakukan proses download, streaming, chat, browsing, atau update software saat tips ini akan dilakukan.

Memilih Server Baru

Pertama-tama kunjungi link ini, disini kamu akan menemukan detail grafik tentang Steam bandwith saat 48 jam lalu.

Grafik ini menunjukkan sesibuk apa bandwith server itu, semakin pendek grafik itu semakin sedikit gamers yang sedang main di server itu. Bagaimanapun kamu harus mencari server yang dekat dengan kamu, dan juga dengan grafik yang pendek. Sebagai contoh, ketika kamu berada di Indonesia, pilihlah server Singapura atau Malaysia. Jangan kamu memilih server New Zealand, karena walaupun grafiknya sedikit. Lokasinya masih terbilang jauh dari koneksi internet yang kamu miliki.

Untuk memilih server baru di Steam, kamu cukup buka Steam. Kemudian pilih menu Steam -> Settings -> Download + Clouds. Pada Download region pilih daerah yang terdekat dan bergrafik rendah. Tentukan juga koneksi yang kamu gunakan di menu Approximate speed of yout internet connection Kemudian klik Ok.

Kemudian Steam akan membutuhkan restart, lakukan restart tersebut supaya setting yang kamu gunakan berhasil.

Meningkatkan Kecepatan Windows

Ada cara lain yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan kecepatan Steam, tetapi ini cara biasa untuk dilakukan dan bukan cara kusus untuk meningkatkan Steam. Tidak hanya meningkatkan Steam, ini juga meningkatkan kecepatan koneksi internet biasa. Dengan menggunakan Windows QoS Packet Scheduler kamu bisa meningkatkan dan menghapus pembatasan kecepatan download. Berikut caranya:

Tekan Win+R dan ketikkan gpedit.msc lalu tekan enter.

Lalu akan muncul Window Local Group Policy Editor, buka folder Computer Configuration -> Administrative Templates -> Network -> QoS Packet Scheduler.

Pada panel sebelah kanan klik dua kali pada Limit Reversible Bandwidth, kemudian pilih Enable dan isi Bandwith limit dengan 0%. Setelah itu barulah klik Apply dan OK.

Namun kecepatan yang sebenarnya tetap tergantung dari provider yang kamu gunakan, entah itu menggunakan modem atau kabel. Jika kamu menggunakan internet yang cepat, maka kamu merasakan perubahan yang terjadi. Untuk meningkatkan kecepatan download internet, kamu juga bisa membaca Cara Mempercepat Download Hingga 6 Kali Lipat.
Sumber : pusatgratis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s