5 Cara Mudah Melawan Spam yang Jarang Diketahui Orang

Spam, spam dan spam! Jika mendengar kata itu pasti darahmu langsung naik karena sangat jengkel ketika mendapati email penuh dengan spam. Dan yang menjadi mimpi buruk adalah terkadang spam datang dengan membawa virus atau worm berbahaya. Meminimalkan jumlah spam ke inbox adalah salah satu cara penting untuk menghindarkan diri dari para spammer tersebut.

Ada beberapa cara yang biasa dilakukan untuk melawan spam, seperti menggunakan software filter spam atau mengandalkan plugin anti spam untuk client email. Tapi tidak hanya hal itu saja yang bisa dilakukan, ada juga beberapa tips untuk melawan spam yang jarang diketahui orang.

Berikut ini adalah 5 cara mudah melawan spam yang seringkali dilewatkan orang:

1. Jangan Melakukan Unsubscribe Untuk Spam

Jika ingin menghentikan ulah spammer yang selalu mengganggu, jangan sekali-sekali melakukan unsubscribe untuk spam. Karena dengan melakukan hal tersebut malah akan memberikan petunjuk kepada spammer bahwa email tersebut dalam keadaan masih aktif. Jadi jika melakukan unsubscribe maka ulah spammer akan makin menjadi-jadi.

Lalu bagaimana cara yang tepat? Cara yang paling tepat adalah jangan pernah membalasnya sama sekali. Jadi ketika kamu tidak menanggapi spam tersebut, spammer akan mengira jika emailmu tidak digunakan untuk sementara. Dengan begitu dia tidak akan menyerang email kamu dengan spam lagi.

2. Jangan Pernah Mengungkapkan Alamat Email

Jangan pernah sekalipun kamu mengungkapkan alamat email yang sebenarnya pada forum, situs sosial media, website, blog dll. Karena jika kamu mengungkapkan alamat email yang sebenarnya, bisa jadi kamu akan menjadi korban dari para spammer.

Cara lainnya yaitu mengedit alamat email agar bot tidak bisa mengidentifikasi dan menangkap email kamu. Caranya adalah dengan mengganti @ menjadi at atau .com menjadi dot com. Misalkan saja email kamu budi@gmail.com, tulis saja dengan budi at gmail dot com.

Kamu juga bisa menggunakan gambar yang bertuliskan alamat email kamu. Hal ini akan menyulitkan bot yang biasa melakukan scrapping alamat email untuk di spam.

3. Pelaporan Spam

Untuk menghentikan ganggunan dari spammer tidak ada salahnya jika menggunakan situs yang bisa melakukan layanan pelaporan spam. Cukup spam ke situs layanan pelaporan spam, maka situs tersebut akan melaporkan ke hosting dari email yang digunakan oleh spammer, kemudian perusahaan hosting akan langsung menghentikan spammer.

Contoh situs pelaporan spam yaitu SpamCop, yang akan melaporkan spammer ke Internet Service Providers (ISPs) dan terkadang ke webhost-nya. Untuk menggunakannya cukup mendaftar dan mengirim laporan kepada mereka.

4. Gunakan Akun Email Ganda

Alternatif cara lain yaitu dengan membuat akun email ganda. Satu email khusus digunakan untuk keperluan kerja dan berkomunikasi, sedangkan email yang satunya bisa kamu gunakan untuk mendaftar newsletter, membeli produk online, dan keperluan rawan spam lainnya.

Jadi sekarang kamu memiliki alamat email utama yang hanya digunakan untuk email pribadi dan pekerjaan, dan tentunya dengan jumlah spam lebih minimal.

5. Nonaktifkan HTML dalam Email

Kemajuan tekhnologi membuat para spammer menggunakan format HTML dan JavaScript pada setiap spam. Konten tersebut akan mengarahkah kamu ke halaman yang diiklankan. Kabar buruknya yaitu spam tersebut bisa mengandung malware atau virus berbahaya.

Hampir semua layanan email atau email client memiliki opsi untuk menonaktifkan tampilan HTML. Dengan melakukan hal itu, maka akan mencegah instalasi yang tidak sah atau aktivasi program melalui apa yang ada pada konten HTML.

Itulah beberapa tips buat kamu yang sering mendapatkan spam dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Sumber : pusatgratis

3 thoughts on “5 Cara Mudah Melawan Spam yang Jarang Diketahui Orang

  1. Ping-balik: 12 Negara yang Paling Banyak Mengirimkan Spam « OBAR46

  2. Ping-balik: Bagaimana Para Spammer Dapat Menyerang Email Kamu?? « OBAR46

  3. Ping-balik: ”Unroll.Me” Mengatur Langganan Email Newsletter « OBAR46

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s